OPD Tubaba Didorong Ombudsman Ciptakan Pelayanan Publik Transparan dan Akuntabel

Kamis 21-08-2025,13:00 WIB
Reporter : Alvin Septian
Editor : Alvin Septian

TUBABA, LAMPUIJO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, melalui bagian organisasi sekretariat Pemerintah Daerah (Pemda) setempat, menyambut baik kedatangan jajaran Ombudsman Republik Indonesia (RI) Perwakilan Provinsi Lampung. 

Hal tersebut upaya memperkuat sinergitas dalam peningkatan kualitas pelayanan publik oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah Kabupaten Tubaba secara berkelanjutan.

Pada kesempatan itu, Bupati Novriwan Jaya, menyampaikan apresiasi atas kedatangan jajaran Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Lampung yang telah berkenan hadir dan bersinergi bersama Pemkab Tubaba.

“Kehadiran Ombudsman hari ini merupakan kehormatan sekaligus motivasi bagi kita semua untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik di daerah ini” Kata Novriwan, Rabu, 13 Agustus 2025.

BACA JUGA:Lampung Tengah Raih Juara 3 Paritrana Award, Tegaskan Komitmen Lindungi Pekerja

Menurutnya, pelayanan publik yang berkualitas merupakan hak setiap warga negara sekaligus kewajiban pemerintah untuk memenuhinya.

“Tantangan ke depan adalah Bagaimana mewujudkan pelayanan yang cepat, transparan, akuntabel, dan berkeadilan di seluruh lini pemerintahan, mulai dari tingkat kabupaten hingga Tiyuh (Desa),” terangnya.

Sinergi dengan Ombudsman merupakan sebagai langkah strategis untuk memastikan standar pelayanan publik sesuai dengan prinsip-prinsip good governance.

“Melalui pendampingan, evaluasi, dan masukan dari Ombudsman, diharapkan setiap unit pelayanan mampu memperbaiki kekurangan, memperkuat inovasi, serta membangun budaya pelayanan yang berorientasi pada kepuasan masyarakat,” jelasnya. 

BACA JUGA: Targetkan Produksi 48.899 Ton Jagung Tahun 2025, Pringsewu Perkuat Kesejahteraan Petani dan UMKM

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Lampung, Nur Rakhman Yusuf, dalam sambutannya menegaskan, pihaknya akan terus mendorong dan mengawasi pelaksanaan pelayanan publik di Tubaba agar lebih profesional dan bebas dari praktik maladministrasi.

“Pelayanan publik bukan hanya soal memenuhi prosedur, tapi juga soal menghadirkan kenyamanan, kepastian, dan rasa keadilan bagi masyarakat. Jangan ada pegawai yang malas, jarang masuk, tapi menerima tunjangan kinerja sama seperti yang rajin,” tegas Kepala Ombudsman

Lanjut dia, Disiplin merupakan kunci, dan penghargaan harus diberikan kepada mereka yang berprestasi, sebab itu, Ia mengajak seluruh jajaran Pemkab Tubaba untuk menjadikan momentum ini sebagai awal perbaikan berkelanjutan, dengan mengedepankan integritas, inovasi, dan keterbukaan. 

BACA JUGA:Cegah Kriminalitas dan Kenakalan Remaja, Polres Metro Gencarkan Patroli Malam

“Pertemuan ini diakhiri dengan komitmen bersama antara Pemkab Tubaba dan Ombudsman Lampung untuk bekerja sama dalam membangun pelayanan publik yang tidak hanya sesuai aturan, tetapi juga memberikan kepuasan dan manfaat nyata bagi masyarakat,” ungkapnya. 

Kategori :